BUKADISKUSI

follow us

5 Cara Konsisten Membentuk Kebiasaan Positif

5 Cara Konsisten Membentuk Kebiasaan Positif

Ingin merubah kebiasaan negatif, dan membentuk kebiasaan positif yang baru tapi gagal terus. Padahal kita dapat merubahnya dengan konsisten merubah kebiasaan tersebut.

Pemikiran maupun kebiasaan negatif muncul karena ada dua faktor penentu, yaitu lingkungan dan karena udah terlanjur menjadi kebiasaan. Kebiasaan yang mendapatkan hasil negatif, jika memiliki kebiasaan negatif. Sebaliknya, pemikiran dan kebiasaan positif akan memperoleh hasil positif dan menyenangkan.

Ada sebuah nasehat Stephen Covey, seorang penulis buku The 7 Habit of Highly Effective People. Menyampaikan bahwa "Menanam gagasan anda, maka anda akan mendapatkan sikap. Tanamlah sikap, maka anda akan menuai tindakan. Tanamlah sebuah tindakan, maka anda akan memperoleh kebiasaan. Tanamlah kebiasaan, maka anda akan memanen nasib".

Bisa dikatakan bahwa, jika kita telah memiliki kebiasaan baik, memungkinkan peluang mendapatkan nasib baik akan lebih besar.

Namun terkadang kita sendiri mengalami beberapa kesulitan untuk membuat sikap positif. Tak jarang dari kita sendiri tidak konsisten dalam menjalani setiap gagasan maupun tindakan yang kita lakukan. Pengaruh variabel yang tak terduga, oleh sikap yang sudah mendarah daging serta kelelahan kemudian menjadi bosan.

Bagaimana cara kita dapat membiasakan diri, melakukan setiap tindakan-tindkan yang positif. Sehingga tindakan tersebut dapat membantu kita mendapatkan peluang nasib yang baik ?

5 Cara Konsisten Membentuk Kebiasaan Positif


Berikut ini ada 5 tips sederhana yang dapat kita lakukan, untuk membiasakan diri konsisten dalam pembentukan karakter positif.

#1 Mulailah dari Hal yang Mudah


Hal-hal yang dianggap kebiasaan kecil kadang terlewatkan begitu saja. Padahal gagasan dan tindakan kebiasaan hal yang kecil dapat membantu kita agar dapat konsisten melakukan hal yang positif.

Anda dapat memulainya dari hal yang mudah. Misalnya saja : Gosok gigi sebelum tidur, bangun tidur 4 pagi untuk keperluan ibadah, mencuci tangan sebelum makan, tersenyum setelah bangun pagi, membuat tulisan-tulisan ringan dipagi hari, membaca sebuah artikel maupun buku kurang lebih 15 menit sebelum berangkat kerja maupun aktifitas lainya.

Hal-hal kecil tersebut, saat ini saya jadikan sebuah acuan untuk memotivasi diri agar lebih konsisten melakukan gagasan dan kebiasaan kecil ini. Saya menganggap hal ini sebuah terapi yang perlu dilakukan.

Perlu adanya komitmen dalam diri untuk dapat memulainya. Benar-benar menumbuhkan komitmen sesuai rencana.

#2 Sebisa Mungkin dapat Fokus dan Terukur


Fokus untuk menguasai kegiatan positif dalam tempo waktu yang telah ditetapkan, misalnya saja 3 minggu. Membiasakan diri bangun tidur jam 4 setiap hari. Jika kita dapat melakukan kebiasaan ini selama sepuluh hari pertama dan kemudian anda melanggar di hari ke-11, maka harus memulai kebiasaan sesuai jadwal dari awal hingga sesuai target.

Menaklukkan diri sendiri lebih sulit, dari pada menaklukkan orang lain. Maka bersabarlah dan jangan menyerah untuk memulai sikap positif yang baru.

#3 Pengingat dan Pengontrol


Seperti yang telah saya katakan pada kalimat pembuka diatas, bahwasanya kebiasaan positif itu bisa terjadi karena faktor lingkungan dan dari diri sendiri.

Sehingga akan lebih baik, jika kebiasaan positif tersebut dibantu oleh orang lain. Sharing rencana anda, mintalah bantuan kepada teman, pacar, keluarga dsb untuk mengingatkan anda setiap waktu.

Jika tidak memiliki pengingat dari orang-orang terdekat, misalnya pasangan, teman, keluarga, dsb. Anda masih memiliki pengingat dengan menggunakan alat bantu, misalnya kertas, diary digital, target rencana anda.

#4 Hukuman


Ada gagasan, ada tindakan, ada pula komitmen untuk menghukum diri sendiri apabila melanggar rencana maupun janji terhadap diri sendiri.

Tidak perlu hukuman yang berat, buatlah hukuman positif untuk diri anda. Misalnya saja : Ketika melanggar aturan, anda harus bayar denda (tabungan). Besarnya denda tergantung keinginan anda sendiri.

Denda atau tabungan ini bisa anda nikmati, ketika proyek membentuk pribadi yang baru telah tercapai. Maka anda dapat menggunakanya untuk disumbangkan, atau memberikan hadiah untuk diri sendiri (makan enak, beli baju, atau hadiah lainya)

#5 Reward


Disekolah, Universitas, Kantor, pasti ada yang namanya penghargaan untuk seseorang karena berhasil mengerjakan sesuatu dengan maksimal.

Maka dari itu anda juga perlu menghargai serta merayakan keberhasilan anda. Misalnya saja nih, anda dapat menguasai kebiasaan baru dalam beberapa hari. Di hari-hari tertentu anda dapat memberikan penghargaan untuk diri sendiri, misalnya makan menu spesial kesukaan anda, memberikan hadiah kecil misalnya membeli buku diary baru dsb.

Saya sendiri masih ada beberapa kebiasaan yang perlu diperbaiki dan dikembangkan. Dengan sharing pembahasan ini, semoga kita dapat melakukan perbaikan diri dan mengembangkan diri bersama-sama. Saling mendukung, satu sama lain.

Maka dari itu mari kita persiapkan diri untuk mecapai target, konsisten membentuk kebiasaan positif yang baru.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar