BUKADISKUSI

follow us

Skema Ponzi Akar Utama Penipuan Bisnis dan Investasi

Skema Ponzi Akar Utama Penipuan Bisnis dan Investasi

Penipuan bisnis berupa money game, yang menggunakan modus ponzi. Apakah anda sudah pernah mendengar sebelumnya terkait skema ponzi?

Pada artikel kali ini kami akan berbagi informasi terkait money game dalam bisnis. Skema ponzi atau yang biasa di kenal sebagai skema piramida, merupakan model penipuan yang masih awet hingga saat ini.

Penipuan modus ponzi ini, muncul di beragam bisnis tradisional maupun modern. Paling mengherankan, yaitu target korban rakyat jelata hingga para politisi, selebriti dan kalangan terdidik sekalipun.

Suksesnya penipuan ini terletak pada para korban yang menginginkan materi yang mudah dan cepat. Keserakahan inilah yang dimanfaatkan oleh para pebisnis skema ponzi.

Tahukah Anda?

Nama ponzi sendiri, diambil dari penggagas penipuan ini, yaitu Carlo Carlo Pietro Giovanni Guglielmo Tebaldo Ponzi ia berasal dari Italia yang hidup tahun 1882 –1949.
Kemudian ia pindah ke Amerika, dan dikenal sebagai Charles Ponzi. Pada masa itu, Ponzi memberikan janji kepada para investornya, keuntungan sebesar 50% dalam 45 hari dan 100% dalam 90 hari.

Iming-iming tersebut, membuat masyarakat berbondong bondong untuk menyetorkan uang. Kemudian ponzi membayar keuntungan nasabahnya dari para investor yang bergabung belakangan.
Proses perputaran uangnya tetap sama, dan berlangsung selama setahun sampai skema penipuan ini tumbang (merugi besar).

Skema ponzi pertama kali di dunia ini, merugikan investornya total keseluruhan Rp 200 Milyar. Merupakan nominal uang yang sangat besar di tahun 1920 itu.

Keruntuhan skema monye game, modus ponzi ini merupakan hal yang pasti. Karena uang yang terkumpul hanya berputar-putar di tempat, tidak di investasikan untuk menghasilkan laba keuntungan yang normal.

Ketika para member atau nasabah susah merekrut untuk membawakan aset perputaran uang yang besar. Pemenang tetapnya, perusahaan yang membuat bisnis ponzi ini, dan yang dicurangi adalah masyarakat awam yang tergiur ikut bergabung.

Ponzi Modern Masa Kini

Penipuan ponzi sendiri tidak berhenti pada tahun 1920 saja. Melainkan, jenis ponzi ini semakin dikembangkan, berevolusi dalam berbagai modus perkembangan bisnis dan teknologi.

Modus penipuan ponzi tetap sama, yaitu memberikan janji-janji keuntungan besar dalam waktu yang cepat.

Masa modern saat ini, skema ponzi dapat muncul dalam beragam jenis, termasuk dari hal yang tradisional maupun modern, antara lain :
Halaman Selanjutnya

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar