BUKADISKUSI

follow us

Syarat NPWP Wajib Pajak Orang Pribadi

Syarat NPWP Wajib Pajak Orang Pribadi

Apa saja syarat NPWP Wajib Pajak Orang Pribadi? Proses pelayanan pembuatan kartu NPWP di kantor pajak saat ini sudah terbilang lebih cepat, kurang lebih 1 hari kerja langsung jadi. Namun jika ada salah satu persyaratan pengajuan NPWP tidak terpenuhi, maka terpaksa pengajuan si pemohon akan mengalami kendala (tertunda).

Maka dari itu bagi Anda yang ingin mengajukan permohonan kartu NPWP, sebaiknya pahami dulu apa saja syarat NPWP wajib pajak orang pribadi.

Syarat NPWP Orang Pribadi, Pegawai atau Karyawan

Bagi pemohon NPWP Orang pribadi, yang tidak sedang menjalankan suatu usaha (bekerja sebagai karyawan/pegawai) harus memenuhi syarat dan ketentuan di bawah ini:
  1. Bagi Warga Negara Indonesia: pemohon wajib memberikan dokumen berupa  fotokopi Kartu Tanda Penduduk
  2. Bagi Warga Negara Asing: pemohon wajib memberikan dokumen berupa fotokopi paspor, fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP)
  3. Fotokopi SK PNS atau Keterangan Kerja dari Tempat Anda Kerja
  4. Isi Formulir Pendaftaran (sudah Tersedia di Kantor Pajak)
Nah, berbeda denagn persyaratan bagi anda yang belum bekerja, maka pengajuan NPWP nya pun berbeda. Silahkan baca pembahasan berikut cara membuat NPWP bagi yang belum bekerja.

Syarat NPWP Wiraswasta

Bagi pemohon wajib pajak orang pribadi, yang sedang menjalankan suatu usaha atau pekerjaan bebas, maka syarat dan ketentuan wajib pajak berikut ini;
  1. Memberikan lembar Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Memberikan lembar Fotokopi Surat Keterangan Usaha minimal dari Kelurahan
  3. Mengisi Formulir Pernyataan usaha bermaterai 6000 (lampiran formulir pernyataan sudah Tersedia di Kantor Pajak, materai harap bawa dari rumah)
  4. Mengisi Formulir Pendaftaran NPWP (lampiran formulir pendaftaran sudah Tersedia di Kantor Pajak)
Untuk pendaftaran NPWP wiraswasta ini, pemohon NPWP tidak dapat diwakilkan. Yang bersangkutan atau pemohon NPWP Wiraswasta harus datang sendiri ke kantor pajak terdekat untuk mendaftar.

Catatan: Persyaratan yang dibahas pada halaman ini adalah persyaratan secara umum dalam pendaftaran atau pengajuan NPWP wajib pajak pribadi. Namun tidak menutup kemungkinkan setiap kantor cabang pajak, memiliki kebijakan atau penambahan syarat dan ketentuan pendaftaran NPWP wajib pajak orang pribadi. Maka dari itu kami menyarankan untuk lebih jelasnya langsung ke kantor pajak terdekat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar