BUKADISKUSI

follow us

Cara Aman Memulai Bisnis Dropship dan Wajib Anda Ketahui

Cara Aman Memulai Bisnis Dropship dan Wajib Anda Ketahui

Pada pembahasan sebelumnya telah kami jelaskan, terkait penipuan bisnis database supplier lengkap dengan bukti-bukti yang ada.

Disamping itu, kami akan berbagi cara memulai bisnis dropshiping dengan cara yang lebih aman, tidak seperti yang dijanjikan oleh para pencetus bisnis database supplier.
Bagi anda yang belum kenal dropshipping berikut ini penjelesanya.

Drop Shipping atau Dropship

Merupakan jenis bisnis online yang hanya bermodalkan toko online maupun sosial media untuk berjualan. Pelaku bisnis dropshiper ini tidak memiliki stok barang tertentu.

Jadi, seorang dropshiper hanya bekerja menjualkan produk milik orang lain, atau juga bisa dikatakan sebagai reseller.

Itulah pengertian singkat dari bisnis dropship, ada juga bahasa lain dari dropship yaitu bisnis affiliate marketing. Bisnis dropship ini bisa dilakukan siapa saja nyaris TANPA MODAL, karena tidak perlu menyetok barang yang dijual.

Meskipun dikatakan nyaris tanpa modal, bisnis dropship juga bukanlah sebuah bisnis yang mudah untuk dijalani. Dalam artian, akan banyak tantangan yang dihadapi oleh dropshiper, seperti molornya jadwal pengiriman barang dari pemilik toko, mendapatkan komplain dari pembeli Anda karena barang tidak sesuai gambar yang dikirim.

Semua itu dapat diatasi dengan beberapa tips memulai bisnis dropship. Harapan kami, tentu saja agar Anda yang ingin memulai belajar menjadi dropshiper dapat terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan.

1. Lakukan Produk Penetrasi

Kesalahan yang sering dilakukan oleh dropshiper pemula, ketika memulai bisnis online yaitu terlena untuk menjual beragam barang sekaligus.

Menjual barang yang beragam, justru dapat membuat Anda tidak fokus dengan barang yang Anda tawarkan kepada konsumen.

Saran kami, sebaiknya pilihkan produk yang paling diminati berdasarkan trend masa kini. Satu produk dahulu, dan tingkatkan branding produk tersebut agar semakin banyak orang yang yakin dengan pelayanan Anda.

Maksimalkan penjualan satu produk ini, hingga toko online Anda dipercaya oleh konsumen. Selanjutnya baru Anda memperkenalkan produk-produk lain.

2. Tentukan Branding

Anda harus memiliki nama yang mudah di ingat oleh konsumen dan semakin dipercaya. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memperkuat brand bisnis online, yaitu dengan membuat pusat toko online.

Sebuah toko online yang akan meningkatkan kepercayaan pembeli, karena saat ini pembeli semakin cerdas dalam melakukan transaksi online. Untuk lebih terlihat profesional, tentu dibutuhkan alat pendukung bisnis online Anda.

Selain itu, dengan membuat toko online juga memperkuat dan mengesankan, bahwa Anda sebagai pengelola tidak main-main dalam berbisnis.

3. Gunakan Strategi Cross Selling

Sebelumnya, apakah Anda telah mendengar strategi marketing ini? singkatnya, cross selling merupakan sebuah teknik untuk menjual dua buah atau lebih barang dalam satu waktu.

Misalnya Anda seorang dropshipper yang menawarkan sebuah produk baju, dan hal ini bisa Anda tambahkan produk baju tambah celana dapat diskon dan lain sebagainya.

Dengan cara ini, Anda dapat melakukan penjualan lebih cepat dan mendapatkan keuntungan yang cukup fantastis juga.

4. Maksimalkan Pelayanan Konsumen

Posisikan diri Anda sebagai seorang konsumen yang ingin berbelanja. Bagaimana perasaan Anda jika sudah memesan barang dan melakukan transaksi. Konfirmasi pengiriman barang yang lama,
komunikasi lamban, penggunaan kata ketika berkomunikasi kurang bersahabat, bagaimana perasaan Anda ?

Mungkin Anda akan kapok belanja di toko yang pelayananya minim tersebut. Setelah Anda melihat kondisi tersebut, maka pelayanan konsumen juga perlu dijadikan prioritas utama. Kunci sukses untuk memenangkan persaingan dalam bisnis ini.

Bukan hanya cepat, bukan hanya tepat, tapi komunikasi dengan pelanggan juga harus benar-benar bisa memuaskan pelanggan.

Jika Anda sendiri sudah tidak mampu menghandel satu-per-satu, maka sebaiknya Anda membuat halaman keluhan pelanggan dan menambah karyawan Customer Service. Diharapkan dengan tambahan tenaga ini, Anda dapat fokus pada pemasaran.

5. Minimalkan Resiko Rugi Waktu Pengelolaan Toko Online

Usahakan untuk memberikan deskripsi toko online Anda dan deskripsi produk yang Anda tawarkan kepada calon pelanggan Anda. Materi yang terdapat dalam deskripsi barang, tentu akan dapat membantu Anda untuk menjawab setiap pertanyaan yang disampaikan oleh pelanggan.

Dalam artian, dengan membuat deskripsi lengkap tersebut, anda dapat mempersingkat waktu dalam tanya jawab dengan pelanggan. Anda tidak perlu lagi untuk menjawab pertanyaan berulang kali.
Deskripsi produk pada toko online juga dapat meningkatkan kredibilitas Anda sebagai seorang dropshipper.

6. Tingkatkan Diri Menjadi Reseller

Beberapa orang salah mengartikan dan berpikir bahwa reseller itu sama dengan dropshipper. Memang benar, keduanya hampir memiliki kesamaan.

Namun seorang reseller, memiliki peranan yang lebih besar dibandingkan seorang dropshipper. Berbeda dengan dropshipper, seorang reseller harus menyetok barang dalam jumlah tertentu untuk menjual barang kepada pelanggan.

Seorang reseller memiliki kendali quality control secara penuh, dimana hal tersebut tidak bisa dilakukan oleh dropshipper. Karena telah memiliki barang dan menyetoknya dalam jumlah tertentu, seorang reseller mampu melakukan pengecekan barang secara langsung, mengirim serta mengkonfirmasi kepada pelanggan secara langsung.

7. Diskusikan dengan Supplier Tentang Hak Anda sebagai Dropshipper

Dalam bisnis dropship, kita sebagai seorang dropshipper memiliki beberapa yang wajib dipenuhi oleh supplier. Misalnya hak untuk mencantumkan nama brand pada produk yang dikirimkan kepada pelanggan.

Anda sebagai seorang dropshipper juga memiliki hak untuk meminta personal garansi. Seorang supplier profesional, tentu akan memberikan hak-hak dropshiper.

Supplier seharusnya akan merasa senang jika memiliki banyak dropshiper, karena mereka memiliki team penjualan dan marketing gratis. Jadi, memberikan kenyamanan kepada para dropshiper adalah hal yang wajib dijaga.

8. Menemukan Supplier yang Tepat

Beberapa kasus, ada jenis toko online yang palsu atau penipuan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak Anda inginkan, tentu perlu adanya tes.

Memilih supplier yang benar-benar terpercaya dan telah memiliki branding baik, reputasi online yang baik dsb. Karena disini pasang badan menggunakaan nama Anda di hadapan pelanggan, dan itu yang menjadi pertaruhan saat barang dipesan tidak bisa dipenuhi.

Kabar baik, untuk membantu Anda dalam memilih supplier yang tepat. Kami memberikan beberapa rekomendasi toko online yang menerima reseller/dropshipper berikut ini :
Nama OwnerNama SitusProduk
Nur Djamilahwww.jualbajubatikpekalongan.comHem batik, blus batik, daster batik, dll
Widya Asrulwww.kerudungnaiila.comKerudung, pasmina, kerudung instan, dll
Meriza Krisnawww.pusatbikinkaosjaket.comKaos kwalitas distro, jaket, dll
Muliyani Olvahwww.grosirfashionkoreamurah.comBaju jepang, baju korea, baju china, dll
Paulinewww.fascinobutik.comTas, organizer, accories, dll
Agus Budiwww.sepatucibaduyut.web.idSepatu pria, sepatu wanita, tas, dll
Sunardi www.tasmodis.com Tas gunung, tas wanita, dll

9. Lakukan Pengetesan Menjadi Pelanggan

Untuk mendapatkan supplier yang tepat, lakukanlah pengetesan dengan menjadi pelanggan. Beli barang yang paling murah untuk pengetesan ini.

Hal ini untuk memastikan bahwa supplier yang Anda pilih merupakan supplier yang terpercaya. Selain itu, dengan melakukan pengetesan ini Anda dapat mengetahui bagaimana pelayanan dan kualitas barang supplier tersebut.

10. Hindari Mental Mudah Pasrah

Tidak semua orang yang memiliki mental seorang pebisnis. Beberapa orang mduah pasrah begitu saja, ketika barangnya tidak terjual.

Padahal jika mereka mempertahankan mental tersebut, justru membuat mereka sulit untuk berkembang. Seorang pebisnis dalam hal ini seorang dropshipper harus memiliki mental kuat dan menentukan target.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar