BUKADISKUSI

follow us

Cara Membuat NPWP Bagi yang Belum Bekerja

Cara Membuat NPWP Bagi yang Belum Bekerja

Bagaimana cara membuat NPWP Bagi yang belum bekerja? Saya baru lulus sekolah dan baru ingin bekerja. Ketika melamar pekerjaan ada salah satu syarat harus memiliki NPWP.

Ini pertanyaan yang sering diajukan oleh masyarakat terkait permohonan pembuatan kartu NPWP. Adapun yang sering terjadi, mengapa yang belum bekerja sering ditolak ketikan mengajukan permohonan pembuatan NPWP? Nah agar Anda dapat memahami lebih, mari kita simak aturan yang berlaku berikut ini:

Membuat NPWP untuk yang belum bekerja. Apakah aturan pajak membolehkan membuat NPWP untuk yang belum bekerja? Mengapa yang belum bekerja sering ditolak saat ingin membuat NPWP? Agar Anda lebih memahami aturan yang berlaku, silahkan simak ulasan kami berikut.

Aturan Pembuatan NPWP

Pada halaman sebelumnya telah kami bahas syarat membuat NPWP orang pribadi, nah dikhususkan karyawan atau pegawai yang diwajibkan untuk melampirkan surat keterangan kerja. Pada surat keterangan kerja tersebut, bisa di dapatkan dari HRD tempat anda bekerja.

Memang idealnya untuk kartu NPWP wajib pajak pribadi ini hanya bisa diberikan kepada mereka yang sudah bekerja. Maka dari itu kantor pajak memberikan syarat dan ketentuan surat keteranngan kerja. Ini yang membuat banyak orang salah paham, atau salah mengartikan tentang aturan yang berlaku di kantor pajak, dengan apa yang terjadi pada lingkungan kerja yang sebenarnya.

Beberapa perusahaan memang mewajibkan pelamar kerja di perusahaanya yang sudah memiliki NPWP. Padahal kantor pajak sendiri sudah miliki syarat dan ketentuan yang berlaku, tentang boleh tidaknya seorang memiliki NPWP wajib pajak pribadi.
Syarat dan ketentuan yang berlaku, NPWP diberikan kepada mereka yang sudah memiliki penghasilan. Jadi bagi yang belum memiliki penghasilan, secara otomatis tidak diwajibkan memiliki NPWP Wajib pajak pribadi.
Bagaimana cara mengetahui bahwa penghasilan kita kena pajak atau tidaknya. Nah pembahasan lengkapnya ada di bawah ini:

Penghasilan Tidak Kena Pajak

Sebelumnya, pernahkan Anda mengenal istilan PTKP? Ya, PTKP merupakan singkatan dari penghasilan tidak kena  pajak. Perlu Anda pahami bahwasanya dalam melakukan perhitungan pajak atas gaji Anda, tidak semuanya dikenakan potongan pajak.

Ada beberapa batasan atau jumlah penghasilan anda yang tidak di perhitungkan pajaknya, itulah yang termasuk dalam batasan PTKP.

Berapa ketentuan PTKP saat ini? Untuk pria maupun wanita lajang tanpa tanggungan adalah 36 juta pertahun, atau penghasilan 3 juta perbulan. Yang artinya jika penghasilan Anda selama ini masih 3 juta per bulan, maka Anda tidak dikenakan pajak atas gaji Anda.

Nah pertanyaan selanjutnya, jika orang yang sudah memiliki pekerjaan tapi dengan gaji di bawah 3 juta perbulanya tidak wajib memiliki NPWP bagaimana untuk orang yang tidak bekerja?
Bagi yang memiliki penghasilan di atas PTKP WAJIB untuk memiliki NPWP

Belum Bekerja

Sekali lagi, bahwa masing-masing  kantor pajak memiliki kebijakan masing-masing. Namun kami sendiri tidak dapat memberikan jawaban pasti akan hal ini. Karena pernah ada pengakuan dari kalangan mahasiswa yang mengajukan permohonan pembuatan kartu NPWP wajib pajak pribadi pernah mengalami penolakan dari kantor pajak, karena belum memiliki pekerjaan.

Bisa disimpulkan bahwa, jika Anda sudah bekerja dan berapapun gaji yang anda terima setiap bulan anda tetap boleh mendapatkan kartu NPWP Wajib pajak pribadi. Sementara jika Anda belum bekerja, maka akan ditolak.

Namun kembali lagi, masing-masing kantor pajak memiliki kebijakan sendiri. Saran saya bagi Anda yang mau melamar kerja dan butuh NPWP, jangan nekat langsung ke kantor pajak untuk daftar NPWP, karena Anda belum tahu kebijakan di kantor pajak tersebut, dan kemungkinan Anda akan pulang dengan tangan kosong.

Nah bagi anda yang ingin mendapatkan NPWP dengan mudah, Anda dapat meminta surat keterangan dari desa/kelurahan terkait status pekerjaan anda saat ini.

Misalnya pekerjaan Anda saat ini sebagai wiraswasta, freelancer dan lain sebagainya. Barulah Anda mengajukan permohonan daftar NPWP Wajib pajak pribadi untuk keperluan pendaftaran kerja.
Nah seperti itulan pejelasan dari kami cara membuat NPWP bagi yang belum bekerja. Semoga dapat bermanfaat, dan jangan lupa share kepada rekan-rekan Anda.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar