BUKADISKUSI

follow us

Kok Bisa Ya, Perusahaan Startup cenderung lebih sukses dibandingkan perusahan besar?

Kok Bisa Ya, Perusahaan Startup cenderung lebih sukses dibandingkan perusahan besar?

Di era digital saat ini semuanya menjadi mungkin, sebuah era dimana cara mencari uang dan bisnis sudah mulai beralih ke dunia internet.

Semua orang mudah mempelajari dan mengkases internet. Jika kita tidak mampu atau tidak mau mempelajari serta menerapkan perubahan ini pada bisnis yang dijalankan. Sangat memungkinkan bisnis yang dikelola akan tertinggal jauh, bahkan anda bisa gulung tikar lebih awal.

Jaman sudah berubah begitupun cara cari uang sudah berubah, kalau Anda melakukan hal yang sama, maka hasil yang Anda dapatkan akan sama, Tung Desem Waringin – Pakar Marketing dan Properti.

Semua jenis bisnis, baik itu bisnis yang baru dan bisnis yang sudah ada serta eksis. Tentu harus melakukan inovasi atau perubahan terus menerus.

Inovasi ini bisa dalam berbagai bidang, baik dalam segi marketing, pelayanan serta pengembangan produknya. Sudah banyak perusahaan startup yang mulai bermunculan, dan ini merupakan isu yang menjadi kekhawatiran perusahaan besar yang ada di indonesia.

Alasan Mengapa Startup Cenderung Lebih Sukses

Ada empat hal penting yang menjadi alasan mengapa startup di indonesia lebih sukses daripada perusahaan besar. Berikut ini alasan alasan yang disampaikan oleh Julio Andrian, Chief Marketing Office dari Theconversion.com.

Diantaranya adalah:
Perusahaan startup mempelajari dan memanfaatkan teknologi digital secara maksimal
Perusahaan startup mudah beradaptasi dengan perubahaan bisnis yang terjadi dengan cepat dan tepat
Sebagian besar startup memiliki inovasi kemudian berani mengimplementasikanya dengan bentuk baru
Perusahaan startup yang dijalankan oleh orang-orang yang berjiwa muda dan selalu antusias didalam pekerjaanya ketimbang menjadi follower. Biasanya orang-orang yang berjiwa muda ini mencintai pekerjaan mereka.

Apabila dibandingkan dengan perusahaan startup, perusahaan besar yang sudah lama eksis cenderung di zona nyaman dan ini yang sangat berbahaya. Perusahaan besar tersebut cenderung lebih sulit di edukasi karena di dalam manajemen perusahaan tersebut masih menggunakan marketing cara lama alias tradisional.
Perusahaan Besar Butuh Perubahan Cepat dan Tepat

Maka dari itu untuk mengimbangi dan mengejar waktu perubahan era digital, perusahaan besar harus segera mengikut cara pemsaran digital seperti yang telah dilakukan oleh beberapa perusahan rintisan.

Mungkin hal ini juga telah di terapkan oleh perusahaan besar lainya, yang telah menyadari betapa pentingnya marketing digital. Namun hal ini masih menjadi pekerjaan rumah bagi perusahaan besar yang belum melek teknologi.

Beberapa strategi marketing atau pemasaran yang sering dilakukan oleh internet marketers :
Konten Marketing: Merupakan sebuah inti dari pemasaran online, tanpa sebuah konten pelanggan tidak dapat mengenali detail layanan atau produk yang anda tawarkan. Membangun konten yang berkualitas akan membangun Brand Awareness sehingga sebuah bisnis mudah dikenali dan di ingat.
Integrated Digital Marketing: Menggunakan media online untuk meningkatkan efisensi waktu agar tidak tumpang tindih.

Embrace Relationship Marketing: Memahami konsumen, maupun calon konsumen mendengarkan setiap saran maupun menjawab pertanyaan yang dibutuhkan oleh konsumen.

Personalized Marketing: Email marketing merupakan aset bagi seorang internet marketing. Karena anda dapat menawarkan maupun memperkenalkan produk baru anda secara cepat dan tepat kepada pelanggan yang membutuhkan.

Visual Marketing: Media visual ini yang dimaksud yaitu dalam bentuk image maupun video. Karena dengan kedua media tersebut pelanggan lebih mudah memahami apa yang anda sampaikan. Anda dapat memanfaatkan youtube maupun media sosial video lainya untuk menerapkan visual marketing ini.

Saat ini sudah banyak perusahaan maupun agen yang menawarkan jasa pemasaran secara online. Pemasaran ini dilakukan melalui beragam jenis media online. Misalnya saja kebutuhan pembuatan iklan, pembuatan website online, pemasaran melalui media sosial, review produk, dan lain sebagainya.

Berikut ini salah satu pemasaran online yang sudah cukup dikenal :
Promonavigator, perusahan ini menawarkan jasa pemasaran online atau iklan digital melalui google adwords. Situs bisni klien akan dipasarkan secara online melalui mesin pencarian. Dengan melalukan pemasaran ini, sangat memungkinkan produk anda dimuat kedalam situs publisher mitra google, tentu akan lebih mudah sampai kepada pelanggan anda.

Theconversion.com, sebuah perusahaan yang memberikan penawaran marketing online yang menerapkan System Pay By Result. Ini dimaksudkan klien hanya akan membayar apabila terjadi transaksi pada hasil pemasaran yang anda inginkan.

Selain kedua perusahaan diatas, sebenarnya sudah mulai bermunculan layanan jasa pemasaran online lainya. Anda dapat memilih beragam layanan sesuai kebutuhan anda saat ini. Jadi, anda perlu banyak mempertimbangkan memilih jasa marketing yang seperti apa nantinya.

Intinya, untuk dapat bertahan diera digital seorang pengusaha dituntut untuk mengembangkan bisnis, dengan mempelajari dan membuat inovasi baru pemasaran berbasis teknologi informasi. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar