Alasan Memilih Blog Niche Pendidikan

Selamat datang di Cienporcien Digital. Kali ini yang akan dibahas adalah alasan memilih blog niche pendidikan

Sebenarnya sempat bingung mau dibawa ke arah mana niche blog ini. Setelah bertapa panjang, akhirnya saya menentukan pilihan untuk menjadikan blog ini dengan niche pendidikan.

alasan memilih blog niche pendidikan


Nggak ada alasan khusus sebenarnya. Tapi, karena ini adalah blog ke sekian yang saya kelola, biar agak beragam aja saya akhirnya memutuskan untuk membuat blog ini jadi blog pendidikan. Mengingat saya basicnya juga berasal dari sarjana pendidikan.

Jadi saya kira, mengelola blog pendidikan bukan lah hal yang sulit.

Lagi pula, blog dengan niche pendidikan masih menjadi pilihan oleh kebanyakan blogger.  Baik emang orang yang sehari-harinya bekerja sebagai pendidik seperti saya, atau bahkan hanya punya pengetahuan aja tentang dunia pendidikan, lantas tahu ada peluang dari niche ini, maka memutuskan untuk terjun di niche pendidikan.



Nggak masalah sih, mau memilih niche apapun dalam dunia perbloggeran yang penting serius dan konsisten aja. Saya jadi ingat ada kutipan menarik di dunia perbloggeran gitu. Bunyinya gini:

Setiap domain bakal punya rejekinya sendiri-sendiri.
Kutipan itu saya dapat dari obrolan grup blogger di whatsapp, dan saya lupa siapa yang bilang, tapi yang jelas saya setuju, karena bagaimana pun semesta bakal menunjukkan jalan rejeki pada domain itu kalau emang rejekinya.

Saya jadi ingat beberapa waktu lalu dihubungi orang via email untuk melakukan kerja sama. Saya bingung kok dia sampai menemukan kontak saya, sedangkan saya sama sekali pada waktu itu belum pernah naro informasi kontak pada blog. Terakhir saya tahu, kalau orang itu ngecek kontak saya dari whois.

Nah, jadi kan sudah jelas bahwa kutipan tadi itu benar. Kalau emang rejeki ya bakal dapat. Kalau nggak dapat ya usaha terus, perbaiki konten, semakin bagus konten yang  dibuat pasti akan membuat blog itu semakin memiliki faedah dan bernilai.

Oke, anggap saja itu tadi intermezzo. Karena sebenarnya dalam postingan ini saya akan menjelaskan alasan mengapa memilih niche pendidikan. Harapan saya ini bakal berguna buat siapapun yang akan memulai ngeblog, dan sedang mempertimbangkan untuk memilih niche pendidikan.


Alasan Memilih Blog Niche Pendidikan

Sebenarnya tidak ada alasan, namun nggak bakal jadi nih blog kalau  nggak ada alasannya. Jadi berikut ini adalah alasan kenapa Cienporcien Digital dijadikan blog niche pendidikan:


Latar Belakang Pendidikan

Kalau saya alasan pertama ya karena saya seorang sarjana pendidikan, saya seorang guru, jadi saya pilih niche pendidikan karena saya kesehariannya berada pada sistem ini, sehingga saya percaya dengan memilih niche ini saya bakal mendapatkan kemudahan dalam mencari ide tulisan buat dibagikan.

Kedepannya saya akan membagikan beberapa tips, termasuk tips mengajar buat pemula, sampai tips mencari materi dan cara yang paling mudah menyampaikan materi kepada siswa. Mudah-mudahan saya konsisten di sini.

Blog Niche Pendidikan Dijual Mahal

Ini sebuah fakta yang saya temukan. Beberapa hari lalu saya sempat melihat postingan di p-store(dot)net, ada orang yang bikin lapak jualan blog dengan niche pendidikan. Harganya nggak nanggung-nanggung, Sob. Dia membandrol blognya itu dengan harga 13$.

Domain ini aja saya beli seharga 4.15$ aja, widiw, selisihnya banyak ya. Ini dollar coy, bukan rupiah. Screenshootnya biar saya taro di bawah biar ente yakin. Nih!

blog niche pendidikan dijual mahal


Bahkan postingan itu dibuat tahun 2019, sekarang sudah Mei 2020. Jadi bisa jadi makin lama bakal makin naik harganya.

Bayangkan ente punya blog pendidikan sekarang, isi secara berkala sampai konten berkualitasnya jadi banyak. Terus jual beberapa tahun yang akan datang, udah berapa dollar penghasilanmu hanya dari ngeblog, ya kan?

Niche Blog yang Paling Banyak Dicari

Smpai sekarang niche pendidikan jadi blog yang paling banyak dicari. Kenapa? Karena sekarang banyak anak sekolahan yang minat bacanya kurang. Sehingga lebih memilih untuk mencari jalan pintas dalam menyelesaikan soal atau PR yang dikasih gurunya.

Bayangkan aja nih, ada banyak hal yang bisa dibahas di blog niche pendidikan, mulai dari materi, kelas 1 sampai kelas 12, banyak banget tuh. Kalau ada anak sekolah yang males buka buku, dia bakal nyari di internet. Kalau ente bikin tuh materi yang dia cari di blog ente, ya bakal naik blog ente.

Faktanya adalah anak yang kayak gitu banyak. Dia lebih memilih mencari jawaban di internet ketimbang nyari di buku materi yang tebalnya segede gaban.

Termasuk Blog yang Menguntungkan

Kenapa menguntungkan? Karena di niche pendidikan ente juga bisa langsung promosi administrasi guru. Niche pendidikan ini kan cakupannya luas banget, bisa siswa, guru, orangtua murid, tips buat guru, tips buat siswa, sampai ke menyediakan jasa pembuatan administrasi guru.

Dengan adanya blog pendidikan yang bakalan ente bangun nantinya, ente bisa nawarin promo bikin perangkat pembelajaran atau sejenisnya dengan harga yang miring, sehingga bakal memudahkan semua guru yang perlu jasanya ente. Dengan begitu kan jadinya untung.

Ya apa iya? Coba pikirin!

Blog Niche Pendidikan Potensial

Potensial bertahan lama, karena materi matematika dari jaman abad 16 sampai beberapa abad ke depan juga bakalan tetap sama, nggak ada yang berubah. Jadi potensial untuk terus dicari orang sampai sepanjang masa.

Selain itu blog dengan niche pendidikan juga bisa dipasangi adsense, jadi bisa nambahin penghasilan ente juga. Harapan saya dan kita semua kan gitu. Saya bakal daftarin ke adsense beberapa bulan ke depan deh. Ada blog saya yang sudah lolos adsense, jadi bisa nebeng dengan nambahin situs ke sana.

Kesimpulan

Jadi intinya blog niche pendidikan masih menarik dijadikan pilihan di tahun 2020 ini. Karena beberapa alasan yang sudah saya sebutkan di atas. Kalau ente punya alasan lain kenapa memilih niche pendidikan, silakan share via komentar di bawah ini.

1 comment for "Alasan Memilih Blog Niche Pendidikan"

  1. Setiap blog sudah ada rezekinya masing-masing. Itu kok related banget sama setiap blog akan punya pembacanya sendiri. Yang penting konsistennya ya di.

    Btw, blogmu sekarang sudah fokus ke pendidikan ya? Blog Hadi Kurniawan ke mana sekarang?

    Semoga dirimu sehat selalu.

    ReplyDelete

Post a Comment